Tuesday, November 27, 2018

Berikut Panduan Cara Daftar di Aplikasi BPJSTKU

BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan aplikasi APK terbaru Tahun 2018 yaitu BPJS Ketenagakerjaan Mobile (BPJSTKU Mobile) pengganti aplikasi lama BPJSTK Mobile. Aplikasi bisa Anda gunakan untuk mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui Handphone.

Melalui BPJS Ketenagakerjaan kini pemerintah telah meng-cover seluruh lapisan masyarakat sehingga mereka lebih sejahtera dan nyaman ketika mencari nafkah untuk keluarganya. Untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak sulit, cukup dengan memiliki identitas kependudukan (KTP) yang tercatat di DISDUKCAPIL, usia maksimal 55 tahun, berstatus sebagai pekerja dan membayar iuaran yang ditetapkan sesuai dengan kualifikasi pekerjaannya.

Program BPJS Ketenagakerjaan
Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda mempunyai kewajiban membayar iuran (jika mengikuti kepesertaan pribadi) atau mengalami pemotongan gaji dengan persentase tertentu yang ditujukan juga untuk membayar iuran.

Ada 4 program yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan bagi Anda yang berminat bergabung:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
2. Jaminan Hari Tua (JHT)
3. Jaminan Kematian (JKM)
4. Jaminan Pensiun (JP)


Untuk JKK, JK, dan JP bisa diandaikan seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.
Berbeda dengan JHT yang menjadi tabungan bagi hari tua Anda.
Nilai JHT pada suatu periode berasal dari iuran yang dikumpulkan ditambahkan dengan jumlah imbal hasil.




Di artikel ini kita hanya akan membahas tentang tata cara pendaftaran akun BPJSTKU untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah/bekerja pada pihak lain/karyawan perusahaan. Untuk diketahui, aplikasi BPJSTKU ini sangat berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Dulu saat masih BPJSTK Mobile, aplikasinya hanya diperuntukkan bagi peserta BPJS TK yang berstatus karyawan perusahaan di dalam negeri saja.

Namun sekarang setelah adanya pembaharuan dan berubah nama menjadi BPJSTKU, aplikasi ini bisa digunakan oleh semua peserta BPJS Ketenagakerjaan dari kalangan mana saja. Baik pekerja perusahaan (Penerima Upah), pekerja mandiri (Bukan Penerima Upah), hingga pekerja migran Indonesia alias TKI di luar negeri.

Anda tidak perlu khawatir bagi yang belum pernah mendaftar dan belum memiliki akun, karena kita bisa registrasi langsung lewat aplikasi BPJSTKU yang telah diunduh tadi. Sebelum memulai proses pembuatan akun.

Jangan lupa siapkan barang-barang berikut ini:

-KTP untuk diambil Nomor Induk Kependudukan (NIK).
-Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Peserta Penerima Upah untuk diambil nomor kepesertaannya.
-Email pribadi aktif dan masih bisa diakses.
-Nomor handphone pribadi yang aktif.

Langkah-langkah membuat akun aplikasi BPJSTKU:


1. Silahkan unduh dan pasang aplikasi BPJSTKU di app store atau play store pada smartphone . Klik linknya Disini

2. Klik pada menu Profile yang terletak di sudut kanan bawah (dilingkari merah). Setelah itu akan ada pemberitahuan yang bunyinya: Perhatian. Layanan ini khusus untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, silahkan Login jika sudah memiliki akun atau lengkapi data kepesertaan Anda untuk dapat mengakses layanan ini. Klik saja pada LANJUTKAN.
Karena kita baru akan membuat akun, tentu saja yang diklik adalah Buat Akun.

3. Masukkan Nama lengkap dan alamat e-mail kita. Nanti kita akan dikirimi kode verifikasi ke email tersebut. Email tersebut juga yang nantinya menjadi username kita untuk log in aplikasi BPJSTKU. Selanjutnya klik SELANJUTNYA.

4. Verifikasi email. Periksa kotak email yang kita gunakan mendaftar tadi. Akan ada kiriman kode dari BPJS Ketenagakerjaan berupa enam dikit angka. Hal ini untuk memastikan bahwa email tersebut adalah benar email kita dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan.

5. Kembali ke aplikasi BPJSTKU. Masukkan kode verifikasi yang kita terima via email tadi. Lalu klik VERIFIKASI.

6. Masukkan PIN berupa angka-angka maksimal 6 digit. Masukkan sekali lagi PIN tersebut untuk konfirmasi, tentunya angkanya harus sama biar berhasil. Guna PIN ini nanti untuk Log In ke aplikasi BPJSTKU. Jika email sebagai username, maka PIN ini fungsinya sebagai password. Kalau sudah klik SELANJUTNYA.

7. Selanjutnya konfirmasi kepesertaan. Akan ada pertanyaan Apakah Anda peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki Nomor KPJ serta memiliki KTP Elektronik? Klik saja pada kotak jawaban YA, SAYA PESERTA.

8. Tahap selanjutnya adalah memasukkan nama kita. Ingat, nama yang dimasukkan harus nama lengkap yang sesuai dengan yang ada di e-KTP. Setelah itu klik SELANJUTNYA.

9. Masukkan tanggal bulan tahun kelahiran kita. Tanggal lahir yang diinput juga harus sesuai dengan yang tercantum di KTP Elektronik. Kalau sudah klik SELANJUTNYA.

10. Masukkan nomor KTP alias Nomor Induk Kependudukan (NIK) kita. Pastikan NIK yang kita masukkan sama dengan yang tertera di KTP. Jangan kurang atau salah satu angka pun. Lalu klik SELANJUTNYA.

11. Masukan no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau kalau sekarang disebut nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Klik SELANJUTNYA.


12. Masukkan nomer handphone kita. Nomor hape yang diinput wajib no hp yang masih aktif dan milik kita sendiri. Karena nantinya nomer HP ini akan digunakan untuk konfirmasi seandainya kita lupa PIN akun BPJSTKU. Setelah itu klik SELANJUTNYA.

13. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone kita. Terakhir klik LANJUTKAN.


14. Setelah itu tinggal menunggu beberapa saat menunggu pendaftaran akun kita diproses. Jika data-data yang diinput tadi benar semua dan cocok dengan data-data kependudukan yang sudah tersimpan di database BPJS Ketenagakerjaan, dijamin registrasi akun akan berhasil 100%.

15. Setelah selesai, anda bisa login dengan email dan PIN aplikasi yang anda buat tadi. perlu di catat, untuk email dan PIN aplikasi diusahakan jangan sampai lupa.

Cara Cek Saldo BPJTK via BPJS Ketenagakerjaan Mobile

Untuk mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda secara online melalui aplikasi ini sangat mudah, caranya adalah sebagai berikut :

1. Login kembali aplikasi BPJTK Mobile ;
2. Masukkan Alamat email dan nomor PIN yang telah dibuat ketika Anda melakukan registrasi sebelumnya ;
3. Setelah berhasil login, Anda bisa mengecek saldo JHT BPJTK Anda dengan mengklik menubar : Cek Saldo JHT, dan dilayar hanphone Anda akan ditampilkan saldo outstanding JHT Anda yang terakhir ;
4. Jika ingin tampilan saldo JHT yang lebih detail, Anda cukup mengklik menubar : Rincian Saldo JHT.


Selain untuk mengecek saldo JHT terkini, aplikasi BPJTK Mobile ini bisa Anda gunakan untuk mengecek simulasi saldo sesuai premi yang Anda input atau sesuai dengan perencanaan Anda dimasa yang akan datang serta mengecek informasi kantor cabang BPJSTK terdekat di kota Anda.

Bagi Anda yang ingin klaim saldo JHT, melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan klaim jika Anda pindah atau berhenti bekerja pada suatu perusahaan. Anda tinggal menentukan Kantor BPJSTK terdekat di kota Anda saat pendafaran klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile ini anda bisa mengecek saldo JHT kapan saja waktunya sesuai yang Anda inginkan.

Dengan mengetahui jumlah nominal saldo, Anda bisa merencanakan dana tersebut akan digunakan untuk cadangan investasi Anda saat pensiun dan cadangan hari tua Anda. Atau dana JHT tersebut bisa anda alokasikan buat modal untuk memulai bisnis baru saat Anda memutuskan berhenti bekerja sebagai karyawan saat ini.


Demikianlah tadi cara regestrasi akun BPJS di aplikasi mobile-terbaru, semoga akan sangat membantu dan bermanfaat. Mungkin masih belum bisa atau masih bingung.

Jangan lupa share artikel ini ke teman dan media sosialmu.

Terima kasih.
Disqus Comments