Sunday, January 20, 2019

Kenali Arsitektur Komputer & CPU

Hallo sahabat blog!!

Pada kesempatakn kali ini, Sundaku akan berbagi informasi tentang Arsitektur Komputer

Sebuah prosesor atau yang sering disebut dengan central Procesing Unit (CPU) pada sebuah komputer tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan kerja sebagai pemroses.

CPU memerlukan komponen-komponen pendukung seperti memori untuk menyimpan data dan program, serta piranti I/O (Input/Output) yang digunakan untuk memindahkan data antara komputer dan dunia luar. Selain itu juga komputer memerlukan clok ( detak ) sebagai penggerak prosesor dalam memproses data.

Mikroprosesor adalah suatu pengolah yang dibentuk oleh sebuah chip tunggal atau sering disebut integrated circuit. Mikroprosesor yang paling banyak digunakan saat ini adalah: seri Intel Pentium, Freescale/IBM PowerPC, MIPS, ARM, and the Sun SPARC, dan lain-lain.

Blok diagram sebuah sistem komputer dapat ditunjukkan pada Gambar dibawah. Coba sobat perhatikan gambarnya ya.

Baca Juga : 
-DASAR-DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER


Diagram Blok Sistem Komputer

Pada gambar diagram blok sebuah sistem komputer diatas, memori beerisi instruksi dan bersama-sama prosesor melaksanakan dan menggerakan data. Memori suatu sistem komputer tidak pernah kosong dan selalu terisi apakah berupa intruksi ataupun berupa data. Berikut gambar Aliran Data pada sebuah komputer :




Aliran Data PAda Sebuah Komputer
Bentuk aliran daya arsitektur pada gambar diatas dikenal dengan arsitektur Von Neumann, dimana nama tersebut diambil dari penemunya yaitu : Yohanes Von Neumann.

Nah, bagaimana sobat pembahasan diatas? bila sobat senang mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang CPU.

Central Processing Unit (CPU)

CPU atau yang sering disebut prosesor merupakan bagian terpenting pada sebuah komputer. Dalam sistem komputer, prosesor menjadi bagian yang menjalankan komputasi dari komputer tersebut. Prosesor adalah suatu piranti elektronik yang mampu melakukan manipulasi data dengan cara yang disesuaikan oleh suatu urutan instruksi. Instruksi tersebut berfungsi sebagai opcode atau kode mesin. 

Instruksi pada sebuah komputer adalah berupa angka-angka. Angka yang berbeda, ketika dibaca dan yang dieksekusi oleh suatu prosesor, akan menyebabkan sesuatu hal yang berbeda pula. Instruksi pada sebuah mesin menyesuaikan dengan machine code yang sesuai, ini artinya bahwa setiap prosesor mempunyai instruksi masing-masing sesuai industri yang memproduksinya.


Baiklah sobat, Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat buat sobat ya. Jangan lupa share artikel ini ke teman dan media sosialmu ya sobat.

Terima kasih.

Baca Juga :
-3 Tips Untuk Mengatasi HP Android Yang Eror
-5 Langkah Mudah Untuk Memulai Bisnis Internet
Disqus Comments