Monday, January 21, 2019

Pengertian Array Dalam Bahasa Pemrograman

Hallo sahabat blog!!
Pada kesempatan kali ini, Sundaku akan berbagi informasi tentang Pengertian Array dalam bahasa pemrograman Komputer. Sedikit berikut ini informasi tentang Pengertian Array.

Baca Juga :

-Pemrograman Komputer & Bahas Pemrograman
-Sistem Bilangan

Pengertian Array

Tipe data array menjelaskan jangkauan nilai yang dapat ditampung pada sebuah variabel dan kumpulan operasi yang dapat dilakukan terhadap variabel tersebut. Dengan pengecualian pada string karakter, semua tipe yang telah dipelajari sampai saat ini hanya dapat menampung sebuah nilai.
Array adalah struktur data yang dapat menyimpan sejumlah nilai bertipe sama, sebagai contoh kita dapat menciptakan sebuah array yang dapat menampung 100 nilai bertipe int dan array kedua yang dapat menampung 25 nilai bertipe float. Setiap nilai yang ditugaskan ke array harus bertipe sama dengan array tersebut Array adalah variabel yang mampu menyimpan sejumlah nilai yang bertipe sama. 

Untuk mendeklarasikan sebuah array, harus disebutkan tipe dari array yang dibuat misalnya int, float atau double dan juga ukuran array. Untuk menentukan ukuran array,perlu ditempatkan jumlah nilai yang dapat disimpan array dalam sebuah tanda kurung kurawal siku yang terletak sesuah nama array.

Deklarasi berikut sebagai contoh untuk menciptakan array bernama skor yang mampu menyimpan 100 skor nilai yang bertipe int.

int skor[100];

Pada saat dideklarasikan sebuah array, compiler C mengalokasikan memori yang cukup untuk menampung semua elemen sesuai dengan yang dideklarasikan.
Masukan pertama berada pada lokasi 0. Sebagai contoh berdasarkan array skor, pernyataan berikut menugaskan nilai 80 pada elemen pertama dari array

skor[0] = 80;

Berdasarkan array skor diatas, pernyataan berikut menugaskan nilai ke elemen terakhir dari array.

skor[99] = 75;

Untuk inisialisasi array ada beberapa macam yang sering dilakukan sebagai contoh perhatikan potongan program berikut ini :

char title[] = "Dasar Pemrograman";
char section [64] = "Arrays";

Pada kasus yang pertama,compiler C akan mengalokasikan 17 byte untuk menampung string. Pada kasus yang kedua, compiler akan mengalokasikan array 64 byte, menginisialisasi enam karakter yang pertama dengan huruf-huruf “Arrays” dan karakter NULL. Kebanyakan compiler juga akan menginisialisasi lokasi byte-byte tersisa dengan NULL. Pada saat dideklarasikan array dengan tipe lain, kita juga dapat menginisialisasinya dengan cara yang sama. 
Sebagai contoh pernyataan berikut menginisialisasi array integer scores dengan nilai 80, 70, 90, 85 dan 80.

int scores[5] = {80, 70, 90, 85, 80} ;

Pada saat kita menugaskan nilai awal ke suatu array , kita harus melingkupi nilai-nilai tersebut dengan tanda kurung kurawal{}. Dalam hal ini, ukuran array sesuai dengan jumlah nilai yang ditugaskan ke array. Akan tetapi pernyataan berikut akan menugaskan empat nilai titik mengambang ke array yang dapat menyimpan 64 nilai.

float salaries[64] ={2500000.0,
3200000.0, 4400000.0, 5500000.0};

Tergantung dari compiler yang digunakan, nilai-nilai yang ditugaskan ke elemen-elemen yang tidak secara eksplisit ditugaskan mungkin diisi dengan 0. Sebagai pegangan kita harus tidak menganggap bahwa compiler akan menginisialisasi elemen-elemen yang lain. Jika kita tidak menyebutkan ukuran array, kompiler akan mengalokasikan memori yang hanya cukup untuk menampung nilai-nilai yang disebutkan. Deklarasi array berikut menciptakan array yang cukup menampung tiga buah nilai yang bertipe long.

long planets[] = {1234L, 5678L, 12347L};

Array adalah suatu variabel yang terdiri dari sekumpulan data dimana data-data tersebut mempunyai tipe data yang sama. Setiap data disimpan dalam alamat memori yang berbeda-beda dan disebut dengan elemen array. Setiap elemen mempunyai nilai indek sesuai dengan urutannya. 
Melalui indek inilah kita dapat mengakses data-data tersebut.

Indek dari elemen array ini, baik dalam bahasa C++ maupun Java dimulai dari 0, bukan 1 seperti dalam bahasa Pascal. Dalam beberapa literatur, array sering disebut (diterjemahkan) sebagai larik. Array adalah kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. 
Nilai-nilai data di suatu array disebut dengan elemen-elemen array. Letak urutan dari elemenelemen array ditunjukkan oleh suatu subscript atau indeks. 

Baiklah sahabat blog, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya buat sobat. 

Jangan lupa share artikel ini ke teman dan media sosial sobat. 

Berbagi informasi itu GRATIS dan malahan dapat pahala. 

Ok Sobat. Sampai berjumpa lagi pada postingan berikutnya ya. 

Terima kasih.
Disqus Comments