Sunday, January 20, 2019

PENGERTIAN MEMORI

Hallo sahabat blog!!
Pada kesempatan kali ini sundaku akan melanjutkan dari postingan sebelumnya yaitu : Arsitektur Komputer & CPU. Pada kesempatan kali ini sundaku akan membahas tentang MEMORI .

Memori digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang berupa data maupun obcode sebuah prosesor. Memori dapat dikategorikan menjadi memori yang dapat menyimpan data secara permanen walaupun listrik yang mengalir pada memori tersebut diputus dan memori ini sering disebut Nonvolatail memory (tidak mudah berubah isinya), dan memori yang bersifat sementara atau data yang disimpan dalam memori tersebut akan hilang jika listrik yang mengalir diputus, dan jenis memori ini sering disebut dengan Volatail memory. 

Kedua jenis memori tersebut mempunyai kelebihan serta kelemahan masing masing, sehingga penggunaannyapun disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Memori diimplementasikan dalam bentuk chip yang didalamnya berisi ribuan komponen elektronika. Memori ini dapat digambarkan dalam blok diagram seperti gambar dibawah ini  :

Memori 8 bit data x 10 bit alamat

Pada gambar diatas adalah memori yang terdiri dari bus alamat yang dikodekan dengan A0 - A9 . Bus alamat ini bersifat satu arah yaitu sebagai masukan saja. Bus yang dimiliki memori selain bus alamat dan data adalah bus kendali. Bus alamat digunakan untuk memilih data yang disimpan pada lokasi memori, dimana banyaknya lokasi pada tiap blok memori adalah 2n,, jika n = 10 maka jumlah lokasi memori yang mungkin adalah 210 = 1024 bit. Setiap bit data tersimpan dalam memori dalam bentuk biner 0 atau 1. 

Jika banyaknya lokasi dikalikan dengan jumlah banyaknya bit dalam tiap lokasi, untuk 10 alamat bit maka akan memperoleh kapasistas memori 1024x8 bit.

Nah, bagaimana sobat pembahas diatas?Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa share artikel ini keteman dan media sosialmu ya.


Terima kasih.

Related Posts

PENGERTIAN MEMORI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka posting di atas? Silakan berlangganan posting terbaru langsung melalui email.