Friday, February 1, 2019

Tips Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Lemot

Sundaku-Memiliki komputer yang lambat tentu sangat membuat kita kesal dan marah. Banyak dari mereka yang lebih memilih mengerjakan tugas di warnet daripada menggunakan komputer dirumah yang kinerjanya sangat lambat dan dapat menghabat pekerjaan.


Baiklah, langsung saja ke pokok permasalahannya. 

Untuk mengatasi kinerja komputer/ laptop yang semakin lama semakin lambat saja, Sundaku akan berbagi informasi beberapa hal dibawah ini, mungkin dapat membantu mempercepat kinerja komputer/ laptop sobat.

1. Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk
Saya sarankan anda memperbesar kapasitas harddisk dan jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya membeli SSD untuk meningkatkan performa komputer/ laptop anda.

2. Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin
Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan sobat hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin 
atau delete all.

3. Hapus atau uinstal program yang tidak penting
Untuk apa sobat menginstal program yang tidak digunakan!! Sayang sekali, jika menginstal program yang hanya membuang ruang hard disk sobat. Untuk itu sobat lakukan uninstall pada program yang tidak sobat gunkan atau jarang sobat gunkan. Sobat bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ penting.

8. Gunakan Disk Cleanup & Disk Defragmenter
Tool ini berguna untuk menghapus file-file sementara pada setiap drive sobat. Jadi anda bisa memilih drive mana saja yang ingin dibersihkan dari file-file sementara. Untuk menggunakan tool ini, silakan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.  

Fragmentasi pada data membuat drive anda bekerja lebih keras, tentu hal tersebut membuat performa komputer turun. Maka dari itu, anda disarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. Anda bisa menggunakan tool ini dengan cara klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment nowpada tab Tools. Lakukan kedua hal diatas sebelum sobat shutdwon laptop atau komputer sobat.




Jangan lupa share artikel ini keteman dan media sosial sobat ya, Berbagi informasi itu GRATIS.

Semoga bermanfaat.



Terima kasih.


Related Posts

Tips Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Lemot
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka posting di atas? Silakan berlangganan posting terbaru langsung melalui email.