Cara Mudah Menguasai CSS

Sebelum sobat melangkah jauh , penting untuk mengetahui tentang Style Sheet dan sebelum membaca artikel ini, alangkah baiknya sobat siapkan segelas kopi untuk menemani membaca, dikarenakan artikel ini cukup lumayan panjang. . . he he.

Ok sobat, baiklah kita langsung saja ke pokoknya.






Style Sheet adalah text sederhana dengan eksitensi (.css) yang ditulis menurut
aturan bahasa pemrograman yang merujuk rekomendasi dari CSS 1 atau CSS 2 dari
W3C/ World Wide Web (w3.org) yang merupakan badan gabungan dari pemilik
web, universitas, perusahaan seperti : Microsoft, Netscape, Apple, Opera, MozillaMacromedia dan para ahli dalam bidang web.

W3C dapat dikatakan sebagai acuan atau pedoman dalam menentukan teknologi
paling muktakir pada web, tujuannya adalah untuk mengurangi kekacauan Kode
pada sebuah web serta mempermudah akses web oleh user dari berbagai macam
Browser dan Rekomendasi yang dikeluarkan W3C merupakan standardisasi dari pemgembang Web, Web Design dan Programming web.

Baiklah sobat, jika sobat sudah memiliki sebuah situs web, silahkan sobat chek situs web sobat melalui link berikut ini: 
https://jigsaw.w3.org/css-validator/ apakah situs web sobat sudah memenuhi syarat w3.org atau sobat bisa mengetahui masalah atau eror pada website sobat.

Apa sih keuntungan menggunakan CSS?

Pernah ada yang bertanya rekan kerja kepada saya, Bro, dengan html kita kan sudah bisa membuat sebuah website !, mengapa kok saya perlu belajar CSS pula, toh bahasanya kan hampir sama dengan HTML ?

Saya pun langsung balik bertanya kepada rekan kerja saya : Itu kalau kamu membuat web hanya beberapa halaman saja, coba kalau kamu membuat web dengan banyak halaman, apakah kamu selalu membuat setting satu persatu pada halaman web ?


Sebenarnya sih bisa, jika sobat ingin membuat suatu web hanya dengan mengandalkan kode HTML saja tanpa menggunakan CSS, tetapi apakah sobat sanggup untuk membuat ratusan bahkan ribuan halaman website hanya dengan HTML saja ? Ya jelas jawabannya tidak ! 
belum di tambah lagi jika ada masalah dalam pengaksesan oleh user yang menggunakan Browser yang berbeda dan Salah satu keuntungan dari menggunakan CSS adalah sobat bisa membuat ratusan bahkan ribuan halaman website hanya dengan satu kali penulisan bahasa CSS. Sobat cukup menggunakan satu setting saja pada seluruh halaman website sobat.

Sebagai Contoh : 



Sobat akan membuat Heading 1 pada halaman web sobat dengan Font Arial dan warna Merah, jika tanpa menggunakan CSS sobat harus menulis satu persatu halaman web sobat yang ada Heading 1 , tetapi jika menggunakan CSS, anda cukup satu kali saja membuat penulisan saja, dan selanjutnya anda hanya tinggal menulis artikelnya saja.

Keuntungan lainnya dalam menggunakan CSS adalah karena CSS sudah menjadi 
elemen penting dalam pembuatan web yang sesuai dengan teknologi Web 2.0 atau 
web modern yang sudah menjadi tren saat ini dan pada tahun yang akan datang.


Memang dengan CSS, solusi cepat dalam membuat suatu website.

Apa sih Fungsi HTML dan CSS pada halaman Web?

Menurut rekomendasi dari W3C, untuk pembuatan suatu website, menjadi 
kerangka dari web tersebut, sobat perlu menggunakan HTML dan untuk design dari website, sobat dituntut untuk menggunakan CSS.

Sebagai contoh :
Jika sobat membuat suatu artikel web dengan align center, maka penulisan pada HTML, sobat tidak dianjurkan untuk membuat Tag ‘Align ‘ tetapi cukup hanya menulis artikelnya saja dan untuk membuat supaya artikel tersebut 
sesuai dengan design, sobat menggunakan CSS. Kesimpulan dari contoh diatas adalah bahwa HTML hanya untuk membangun dasar kerangka dan penulisan artikel saja. CSS berfungsi untuk mendesign halaman website .




Baiklah sobat, mungkin sampai disini dulu artikel tentang Cara Mudah Menguasai CSS.
Pada post selanjutnya terkait artikel ini kita akan membahas tentang Aturan Penulisan CSS . Klik DISINI untuk melanjutkan.


Terima kasih

Salam,


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »