Apa Itu SIUJK ?

SIUJK atau singkatan dari Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi merupakan izin melakukan usaha di bidang jasa konstruksi, meliputi perencanaan, perancangan desain, pekerjaan persiapan, pembinaan bangunan baru, rekayasa konstruksi, perbaikan atau renovasi bangunan, pengembangan, pekerjaan pemeliharaan, pabrikasi, pemasangan atau instalasi, dan pengawasan pembangunan.
SIUJK dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah kepada perusahaan agar dapat melangsungkan kegiatan usaha jasa konstruksi dengan tertib. Kegiatan konstruksi yang dilakukan di lingkungan pemerintah dan nonpemerintah semuanya memerlukan izin sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

Wajibkah SIUJK?
Menjalankan usaha di bidang konstruksi di Indonesia diatur oleh Undang-undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 04 / PRT / M/ 2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional.

Menurut Pasal 2 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 04 / PRT / M/2011, tujuan izin usaha jasa konstruksi adalah melindungi kepentingan masyarakat dan pembinaan di bidang jasa konstruksi.

Merintis usaha di bidang konstruksi, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa banyak perizinan yang harus dimiliki agar usaha dapat berjalan dengan lancar, mudah mendapatkan tender proyek, dan menjadi perusahaan yang layak menjalankan semua jenis proyek konstruksi.

Mulai dari Sertifikat Keterampilan (SKT), Sertifikat Keahlian (SKA), Sertifikat Badan Usaha (SBU) hingga Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) merupakan dokumen yang harus dimiliki oleh perusahaan konstruksi yang berkompeten.


Jika anda atau rekan anda memiliki perusahaan jasa konstruksi yang masih baru, atau belum memiliki SIUJK ( Surat Ijin Usaha Jasa Kontruksi ) anda tidak perlu kwatir atau bingung. Anda bisa menggunakan jasa pengurusan siujk yang profesional. 

Untuk itu, anda tidak usah ragu dan kebingungan lagi, cukup anda hubungi jasa pembuatan siujk dan melengkapi persyaratan yang diminta penyedia jasa, lalu anda bisa menunggu selama prosess pengurusan siujk berlangsung.

Anda masih bisa menjalankan usaha kontruksi anda sambil menunggu prosess SIUJK anda selesai.

Demikian yang dapat sundaku sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa berbagi informasi kepada teman, rekan dan media sosial anda.

Terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu SIUJK ?"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel